Kamis, 07 Maret 2013

Pandangan Islam Tentang Teknologi oleh: M. Azmi


Islam adalah agama yang mengatur tentang aspek hidup dan kehidupan manusia, baik ukhrowi maupun duniawi dan Allah selalu menyuruh kepada seluruh umat manusia untuk berfikir tentang keesaan Tuhan, baik itu tentang kejadian alam dan hasil dari penciptaan manusia itu sendiri. Oleh karena itu Allah menganugerahkan fikiran yang dapat membedakan dari pada makhluk Allah lainnya. Dengan fikirannya manusia dapat menciptakan teknologi.
Manusia banyak mengalami perkembangan dalam teknologi serta tidak terlepas dari pedoman hukum yang merupakan norma-norma untuk mengatur kehidupan umat manusia. Yang ruang lingkupnya dalam segala tempat dan zaman tidak terlepas dengan suatu bangsa dan golongan. Hukum tersebut berkembang hingga saat ini dan melalui pasang surut.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih sehingga kalau hal ini ditangani oleh orang-orang yang tidak benar maka akan mengkhawatirkan dapat merusak peradaban umat manusia. Sebab apa yang telah dihasilkan oleh teknologi belum tentu dapat diterima dengan baik oleh akal fikiran sesuai dengan hukum yakni kembali kepada al-Qur'an dan Hadis, dengan menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an sesuai dengan situasi dan kondisi serta perkembangan zaman.
Sebenarnya Islam tidak memusuhi teknologi bahkan Islam mewajibkan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan ibadah dan kesejahteraan hidup. Kalau umat Islam sudah mengetahui berbagai ilmu pengetahuan modern dan teknologi yang canggih tentu umat Islam tidak selalu berada dalam kemiskinan, keterbelakangan, ketergantungan kepada umat lain.
Pada hakekatnya manusia mencari ilmu pengetahuan untuk menggali dan memahami semua yang diciptakan oleh Allah. Sebagaimana Islam mewajibkan kepada umatnya untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga orang dapat berfikir dan mengetahui serta dapat memanfaatkannya.
Dalam penerapan teknologi menurut hukum Islam harus disertai dengan iman dan dapat menjaga eksistensi agama dari rongrongan dan gangguan pihak lain. Dan kita semua harus bisa untuk menanggulangi dampak negatif yang timbul dari teknologi itu sendiri.
Baca artikel tentang otomotif bajaj pulsar terbaru paling kenceng di kelasnya.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Pembelajaran TIK Seo Elite by BLog AswaN | Blogger Templates